KARAKTER BANGSA

Bismillahi Arrahmani Arrahimi

Segenap ungkapan puji dan syukur, hanya terpulang kepada haribaan Allah yang maha Agung, yang dari pada-Nya  berasal mula seluruh kebaikan, keindahan dan kebenaran. menuturkan cerita dan memotivasi anak, serta menyebarkan ketrampilan mendongeng bagi para pendidik bangsa ini, bagi kami merupakan sebuah kesempatan untuk menata dan meletakkan diri pada sekeping puzle kebenaran yang sangat besar. Meskipun kami menyadari, masih banyak pihak yang tidak menganggapnya penting hingga meremehkannya, namun kami tetap akan mengupayakan usaha transformasional ini, agar selalu terpelihara dan berkembang pada masa kini dimana kami berkesempatan berperan serta, hingga lebih merekahkan hasilnya, pada masa yang akan datang  di tangan para pendidik dan generasi bangsa ini, yang lebih baik dan lebih bersih.

Suatu anugrah bagi bangsa ini, dalam peringatan HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2010 ini dicanangkan (kembali) suatu PROGRAM PENDIDIKAN NASIONAL untuk membangun karakter bangsa yang lebih bermartabat, meskipun kami telah mencanangkannya terlebih dahulu pada tahun lalu dalam  DEKLARASI MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI CERITA TEPATNYA pada hari Ahad 14 Februari  2009, dengan suka dan rela kami menyesuaikan dan bersinergi dalam alur besar pendidikan bangsa ini. Tentu saja dengan tetap menjaga  idealisme gerakan membangun karakter bangsa ini, agar tetap terjaga kemurnian gerakan dan sistem yang telah disepakati para penggagas utamanya.

Dengan ini, kami menggugah kembali semangat dan kesadaran para penutur cerita negeri ini, untuk bersama-sama terus mengembangkan kepribadian luhur (kompetensi pribadi) dan meningingkatkan kemampuan profesionalnya dalam memberikan layanan terbaik, dikarenakan semangat untuk mengubah karakter generasi bangsa ini menjadi lebih baik, karena itulah tanggung jawab dan amanah suci kita.

Entaskanlah diri kita dari berbagai krisis yang selama ini ditengarai membuat runyam jiwa para pendidik kita, diantara krisis visi dan idealisme, krisis pengembangan diri, krisis kolegial , dan krisis moralitas, yang pada saatnya akan membuat kita sibuk dengan melakukan hal-hal yang tak berguna dan melelahkan saja.

Untuk itu, kita segarkan komitmen transendental kita pada Allah yang memiliki karya besar semesta ini, komitmen sosial horisontal kepada masyarakat luas berikut sistem kemasyarakatannya, serta komitmen kita terhadap personalitas ideal, sebagaimana kewajiban kita untuk melekatkan diri menjadi manusia yang berkarakter Takwa dan bermartabat, dan yang terakhir komitmen kita terhadap perspektif kebenaran dan kebaikan yang sebenar-benarnya. Semoga bukan fatamorgana yang kita dapatkan dalam usaha mulia ini. Amien.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN SELAMAT MILAD SANGGAR DONGENG KAK BIMO ke VI (2 mei 2010)

ARDIKA JANGAN MATI SURI ! YOU ARE THE GIANT….WAKE UP !!

12 AKHLAK UTAMA

1.TAQWA
2. BERSEMANGAT/BERSUNGGUH-SUNGGUH
3. SABAR & TEKUN
4. JUJUR & DAPAT DIPERCAYA
5. BERTANGGUNG JAWAB
6. GIGIH & PANTANG MENYERAH
7. PERCAYA DIRI & MANDIRI
8. KSATRIA & PEMBERANI
9. DISIPLIN & MENGHARGAI WAKTU
10. PEDULI PENYAYANG & SUKA MENOLONG
11. SANTUN & RENDAH HATI
12 CINTA ILMU DAN TERUS BELAJAR


!

One thought on “KARAKTER BANGSA

  1. Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa s2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s