BANYAK CARA BERCERITA

Apa perbedaan bercerita atau mendongeng dengan teater tunggal ?

Apa pula perbedaannya dengan phantomim, opera, sandiwara dan wayang?

Jawabannya sebenarnya tak terlampau sulit, Metode Bercerita diartikan sebagai penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan anatara bercerita dengan metode penyampaian cerita lain adalah lebih menonjol aspek teknis penceritaan lainnya. Sebagaimana phantomin yang lebih menonjolkan gerak dan mimik, operet yang lebih menonjolkan musik dan nyanyian, puisi dan deklamasi yang lebih menonjolkan syair, sandiwara yang lebih menonjol pada permainan peran oleh para pelakunya, atau  monolog (teater tunggal) yang mengoptimalkan semuanya. Jadi tegasnya metode bercerita lebih menonjolkan penuturan lisanmateri cerita dibandingkan aspek teknis yang lainnya.

Pada prakteknya, bercerita menjadi banyak variasinya, hal ini sangat memungkinkan, karena diantara para pendongeng  telah memiliki latar ilmu dan skills yang beraneka ragam, ada yang memiliki kahlian musikal, puisi, sastra dan bahkan penari, namun yang penting kegiatan bertutur cerita tetap haruslah menyentuh ruang imajinasi anak-anak dan isi cerita itu sendiri hidup dalam alam imajinasi tersebut. apabila terlampau menonjol aspek tambahannya bisa jadi akan mengaburkan kesejatian metode bercerita itu sendiri. jadi mendongeng memang harus kreatif tatapi jangan sampai meninggalkan Pakem bercerita itu sendiri, baik sisi materi maupun penyajian cerita.

Saya menyarankan para pendongeng untuk saling belajar dan mengapresiasi keahlian pendongeng lain ketika in performance. dan lihatlah beraneka ragamnya style bercerita di jagad panggung dongeng Indonesia kita.

  • Jika anda bisa bermain Guitar, maka belajarlah bagaimana kak Heru dan Kak Ryan tampil memukau.
  • Jika anda bisa menyanyi dan memiliki teman pemain electone, maka anda bisa belajar bagaimana kak Agus DS mengguncang panggung dongengnya dengan segar dan tak terlupakan.
  • Jika anda punya banyak koleksi boneka, maka saran saya nikmatilah Kak Poetri Suhendro jenius mendongeng, tiap hari minggu siang di Mall Sumarecon Tangerang. dan Jika mampir ke Pekanbaru sowan lah pada kak Agus DS “Master of Puppets” yang bermukim disana.
  • Jika anda punya laptop, maka MP3 dan audio wave yang tersimpan, dapat anda gunakan untuk menyemarakan acara dongeng atraktif anda, seperti yang dilakukan Kak Rico dan kak Awam
  • Jika anda punya keahlian phantomim, maka saya menyarankan anda belajar kepada Kak Ende Reza Phantomimer nasional yang terbiasa mengkolaborasikan dongeng dengan keahlian unik ini.
  • Jika anda memiliki modal akting teater yang matang, maka saran saya kepada anda adalah, jalan-jalanlah ke kota palembang disana ada kak Inug yang sangat ekspresif dan melarutkkan emosi saat mendongeng.
  • Jika anda punya keahlian origami (seni melipat kertas), maka temukanlah pria kocak dan eksentrik yang bernama kak sugani di Jogjakarta.
  • Jika anda bisa menggambar, maka model yang saya sarankan untuk anda adalah pendongeng senior legendaris Pak”Raden” Suryadi di jakarta, Kak Andi yudha di Bandung dan kak kempo di semarang.
  • Jika anda bisa bermain seruling, maka saksikanlah Kak makhroji sesepuh pesantren Masyarakat indonesia, selalu berhasil melumpuhkan banyak ego dan nafsu liar,  dengan kisah-kisah yang menghayutkannya ke muara iman.
  • Jika anda penyiar yang jago bercuap-cuap di microphone radio, maka nama Uwa Kepoh dan kak Abbah CH menjadi model terbaik anda.
  • Jika anda ibu rumah tangga, tentudekat dengan alat-alat dapur kan, saran saya pelototin saja deh !! video dongeng Kak Agus Nur Amal (PMTOH). Pasti Pas bagi anda.
  • Jika anda berpenampilan luwes dan ekspresif dalam gerak, sudah pasti kak Wuntat lah teladan yang unggul wal akurat untuk kombinasi seperti ini.
  • Jika anda memiliki renungan-renungan yang mendalam serta ketulusan, maka bergurulah kepada Kak Adi Kitana SPA dan Kak Imung di purwokerto. Oh ya .. yang terrakhir  ini sangat pandai memanfaatkan harta karun yang melekat pada dirinya, yaitu tipe wajah memelas nya .. he he
  • Jika anda berobsesi menjadi pendongeng yang akan selalu mengandalkan vibrasi hati, maka wajib bagi anda menjumpai kak Wees Ibnu say di seputar Pesantren Krapyak jogja.
  • Jika anda menyukai dunia motivasi dan membangkitkan jiwa, temuilah dan nikmatilah kharisma dan ilmu yang melimpah ruah dari KakRUA Zainal Fanani, Beliaulah Guru Utama Saya !!
  • Jika anda bisa melantunkan lagu-lagu qiroat, gambus dan shalawat, Insyaallah belajarlah untuk menggunakannya sebagai alat tutur cerita anda sebagaimana saya lakukan. atau apabila anda hanya bermodal suara dari mulut saja, Insyaallah maka suara mulut anda akan saya upgrade, melalui program Sekolah Dongeng Kak Bimo di Jogjakarta, garansi suara anda akan menjadi Poly phonic deh, jangan cuma poli klinik terus … oke.

Jadi mendongeng itu bisa beraneka cara dan cita rasa kan ?!

lalu kembangkan apa yang menjadi ciri khas anda ?!

9 thoughts on “BANYAK CARA BERCERITA

  1. kak bimo adalah salah satu inspirasiku yang luar biasa… bagaimana caranya untuk mendapatkan dokumentasi video dongeng kakak.. ^_^ sangat membantu dalam pembelajaran…

  2. Kak Bgusz SaraNnya,…

    Kak aq mau minta saran,..
    -gimana caranya jadi story teller yang baik,..?
    karena di sekolahku akan diadakan lomba story telling

    Thanks B4,…..
    😀

  3. Ekspresif
    1. Wajah ceria : mata melebar/binar mulut melebar
    2. Marah : Mata melebar, mulut menyempit
    3. Stress : mata sayup, bibir sayup
    4. Grogi : mata menyempit, mulut melebar
    dan lain-lain temukan ekspresi tersebut didepan kaca pribadimu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s