3 HAL YANG MENGHANCURKAN

image

3 HAL YANG MENGHANCURKAN
(virus yang mesti kita waspadai dalam berkisah)
#kakbimoberkisah
======================
Ibnu qayyim mengabarkan bahwa Rasulullah pernah menyebutkan, “3 hal yang membinasakan, yaitu sifat takabur, tamak dan hasad.”
Rupanya,  bibit ketiga sifat tercela itu sering ditanamkan oleh para orang tua dan guru kepada anak-anak mereka,  sehingga akan bengkoklah fitrah anak,  serta akhirnya anak dari orang muslim ini justru menampakkan tabiat yahudi,  nasrani atau majusi.
* Takabur adalah sifat iblis,  ia merasa lebih baik daripada Adam as,  sifat dan eksresi kesombongan inilah yang kemudian melahikan para tiran dan diktator seperti firaun,  namruz,  herodes dan hitler,  musholini, kemal attaturk dan sebagainya.
Sifat ini sangatlah berbahaya,  jangan sampai kita menanam dan memupuk sifat takabur ini dalam hati anak-anak yang mendengarkan kisah atau dongeng kita, hati-hati dengan pujian dan sanjungan, alih-alih ingin membangkitkan percaya diri,  justru kita malah memperbesar bara kesomnongan dari dasar hati mereka.
Ingat: iblis terkutuk disebabkan sifat ini,  dan Allah mengancam untuk memasukkan ke dalam neraka siapa saja yg dalam hatinya ada rasa takabur.

* Tamak, alkisah Adam & Hawa telah berdiam disurga yang nikmatnya tak terhingga-hingga, hanya dikarenakan belum puas untuk mengobati hasrat kepo nya terhadap buah khuldi maka mereka terhina,  demikianlah fragmen nyata,Hasad tentang terusirnya manusia dari tempat yang agung menuju dunia loka yang penuh derita,  hanya dikarenakan sifat tamak dalam dirinya. Maka jadilah para koruptor,  maling,  perampok, pengicuh bahkan ada ulama syu’, yang disebabkan oleh sifat tamak yang diperturutkan. Telah berjibun kisah penderitaan manusia diakibatkan ketamakan seseorang atau sekelompok manusia dalam kehidupan ini.

* Hasad atau iri dengki,  selain membakar amal kebaikan,  hasad menjadi asbab pertumpahan darah pertama kali di dunia ini,  bahkan pada kurun selanjutnya hingga akhir zaman.
Ingatilah,  kisah Qabil & Habil, akibat diperturutinya sikap ananiyah hasud ini, jikalau banyak kerusuhan atau peperangan,  biasanya disebabkan oleh rasa dengki seseorang kepada orang lainnya,  atau kelompok kepada kelompok yang lainnya. Bahkan bisa mempengaruhi suatu bangsa atau negara.  Pertumpahan darah itu menjadi amat mahal ongkos sosial, ekonomi dan semua aspek dimensi kehidupan manusia. Karenanitu berkisahlah tentang orang yang hasad serta dampak destruktif dariemperturutkannya,  bahwa mereka pasti hidup dalam ketidak tenangan dan dendam kesumat yang merusak binasakan tat hidup manusia.

Jika dalam diri seseorang ada ketiga sifat itu,  maka ketiganya akan berkonfigurasi dan menimbulkan seluruh sifat buruk lainnya.  Artinya juga,  apabila ketiga sifat ini tak ada maka tak akan ada pula seluruh sifat buruk itu.

LALU KITA HARUS BERKISAH APA?
…….. to be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s