MEMULAI ZUHUD DARI HAL YANG RINGAN-RINGAN

image

TENTUNYA kita semua paham akan zuhud. Zuhud adalah rasa di mana kita lebih condong kepada akhirat dibandingkan duniawi. Dan ternyata, sedikitnya ada dua peringkat zuhud, yakni zuhud terhadap dunia dan zuhud terhadap apa yang ada di tangan manusia.

Zuhud terhadap dunia adalah perigkat utama yang apabila seseorang mampu mencapainya, maka ia akan dengan sendirinya mampu berlaku zuhud terhadap apa-apa yang di tangan manusia. Tetapi, pada sebagian orang, zuhud terhadap dunia hampir-hampir tak dapat dilakukan sebelum memulai zuhud yang paling ringan, yakni zuhud terhadap apa yang ada di tangan manusia.

Zuhud terhadap apa yang ada di tangan manusia adalah menahan keinginan maupun kehendak untuk memiliki serta menguasai apa yang menyenangkan dari tangan orang lain, sebagaimana mendekatnya seseorang kepada orang yang sedang memegang kekuasaan.

Jika kita berbuat baik terhadap orang lain dikarenakan mengharapkan pemberian harta, perhiasan, makanan, atau ha-hal lain yang memberikan ini merupakan akhlak yang bertentangan dengan zuhud.

Sikap ini dirasakan sebagai suatu perilaku yang tidak tulus, dan kerap kali membuat kita cenderung hanya mau mendekat saat ada yang kita inginkan dari dirinya. Kita kehilangan kemampuan untuk melihat orang tersebut secara utuh sebagaimana manusia yang memiliki bnayak kelebihan. Kita juga tidak bisa menerimanya secara tulus sebagai sesama muslim. Karena, sesungguhnya apa yang kita lihat bukanlah dirinya, melainkan hartanya, kekuasaannya, atau bahkan sebagian kecil dari nikmat yang ada padanya. []

Referensi: Mencari Ketenangan di Tengah Kesibukan/Mohammad Fauzil Adhim/Pro-U Media

One thought on “MEMULAI ZUHUD DARI HAL YANG RINGAN-RINGAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s